Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resmi Launching, Inilah POCO M3

Resmi Launching, Inilah POCO M3 -  Setelah sebelumnya kami membahas mengenai beberapa bocoran informasi mengenai smartphone ini melalui postingan twitter dari akun POCO Global, akhirnya ponsel yang ditugaskan menemani POCO X3 untuk pasar global ini telah resmi dirilis. Melalui slogan "More Than You Expect", smartphone ini siap berperang dengan smatphone merek lain di kelas "Budget Phone".

Pada artikel sebelumnya, kami sempat memberikan informasi bahwa POCO M3 akan menjadi idola baru untuk kelas ponsel Mid Range. Tetapi sesuai dengan perkembangan berita launchingnya yang sangat dinamis, ternyata smartphone ini sengaja dibuat untuk pengguna ponsel kelas "Low Entry".  

Baca juga artikel terkait: POCO M3, Calon Idola Baru Smartphone Mid Range 

POCO adalah sebuah Sub Brand dari Xiaomi yang memiliki rekam jejak cukup sukses di Indonesia. Selama dua tahun mereka memfokuskan diri untuk mengembangkan ponsel mereka sendiri. Pada tahun 2020 mereka kembali menambahkan jajaran ponsel terbarunya sebagai pengganti dari seri POCO M2.

Desain Fresh POCO M3

Launching POCO M3
image taken from gsmarena.com


Apa yang berbeda M3 dan M2? Cara cepat membedakan kedua smartphone POCO tersebut adalah dengan melihat desain bagian belakang kedua ponsel tersebut. Desain dari POCO M3 ini benar benar terlihat lebih segar dan terkesan dibuat agar sesuai dengan gaya anak muda jaman sekarang.

Dengan desain body belakangnya, smartphone ini bisa menjadi alternatif yang menarik jika dibandingkan dengan ponsel dengan kategori sejenis. Mengapa demikian? Hal itu disebabkan desain tiga kamera belakang yang ditempatkan pada housing segi empat dengan logo POCO di samping kanan membuat ponsel ini tidak terlihat seperti ponsel Low Entry.

Beberapa spesifikasi yang mirip dengan seri M2 adalah layarnya yang sama sama berresolusi Full HD+, layar depan yang punya notch dengan desain tetesan air, menggunakan panel IPS dan sudah dilindungan oleh Gorilla Glass 3 . Sebagai tambahan, ponsel ini sudah mempunyai sertifikasi Blue Light TUV Rheinland. 

Bagian belakang ponsel ini tidak terlalu banyak ornamen, dikarenakan pemindai sidik jarinya sudah diletakkan pada sisi kanan. Ponsel ini juga sudah mempunyai Infra Red Blaster, Dual Speaker yang berguna untuk menikmati multimedia dan yang paling penting ada port jack 3.5 mm. Pilihan warna yang tersedia adalah POCO Yellow, Cool Blue dan Power Black.

Spesifikasi Umum POCO M3

Meskipun ponsel ini diperuntukkan bagi ponsel kelas "Low Entry", tetapi POCO memberikan dapur pacunya Qualcomm Snapdragon 662 dengan kecepatan maksimal 2.0 GHz. Hal ini cukup berbanding terbalik karena M2 memakai Mediatek G80. POCO M3 mempunyai pilihan penyimpanan internal 64GB dan 128GB dengan pilihan RAM 4GB saja.

Hal yang menjadi pusat perhatian dari ponsel ini adalah tentu saja baterai jumbonya, yaitu sebesar 6000 mAh. Dengan baterai sebesar itu, tentunya anda akan merasa aman tanpa perlu bawa power bank untuk beraktivitas selama seharian penuh.

Seri M2 membawa baterai sebesar 5000 mAh, sedangkang POCO M3 memiliki kapasitas baterai 1000 mAh lebih besar. Tetapi POCO berhasil membuat berat ponsel ini tetap sama dan hanya meyisakan ketebalan 9,6 mm saja. Hal yang mungkin dirasa kurang adalah fast charging yang hanya 18 Watt, karena proses pengisian dayanya agak lama untuk baterai dengan kapasitas 6000 mAh.

Hal lain yang mungkin menjadi kekurangan dari POCO M3 adalah pengurangan pada kamera belakangnya. Dimana pada seri pendahulunya menempatkan empat kamera belakang, tetapi sekarang kita hanya akan mendapat tiga kamera belakang tanpa kamera Wide Angle yang sebetulnya sangat kami sayangkan.

POCO berusaha menutupi kekurangan di sektor kamera dengan memberikan kamera utama sebesar 48 MP dengan f/1.79. Sedangkan dua kamera lainnya adalah 2MP berfungsi sebagai Depth Sensor dan Kamera Macro. Untuk kamera depannya sendiri dilengkapi dengan kamera 8MP. 

Dari segi software POCO sudah menggunakan MIUI terbaru, yaitu MIUI 12 dan Android 10. Sepertinya ini adalah hal cukup umum mengingat MIUI 12 sudah mulai tersebar rata untuk semua ponsel baru Xiaomi.

Harga POCO M3

POCO M3 ini memang berstatus ponsel yang dijual Xiaomi untuk pasar global, meskipun begitu belum ada tanda tanda bahwa smartphone ini akan dijual di Indonesia atau tidak. Tetapi jika dilihat dari segi harga sepertinya POCO M3 cukup kompetitif untuk bisa bersaing di kelas harga satu jutaan. Berikut harga resmi untuk pasar global.

4GB RAM / 64GB ROM = USD 129 atau sekitar 1,8 jutaan untuk kurs hari ini (25 Nov 2020).
4GB RAM / 128GB ROM = USD 149 atau sekitar 2,1 jutaan untuk kurs hari ini (25 Nov 2020).

Penutup

Dengan spesifikasi dan harga yang diberikan POCO M3, apakah menurut kalian sudah pantas? Atau kalian menilai masih ada yang lebih baik dari POCO M3 ini? Tuliskan pendapat kalian di kolom komentar ya teman teman. Terima Kasih.




 

  


Xiaomi Intro Official
Xiaomi Intro Official Techno Holic

Posting Komentar untuk "Resmi Launching, Inilah POCO M3 "