Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mudah, Ini Cara Sembunyikan Aplikasi Di HP Xiaomi

Mudah, Ini Cara Sembunyikan Aplikasi Di HP Xiaomi - Sebuah Smartphone kini sudah menjadi barang terpenting nomer 2 setelah dompet fisik yang kita miliki. Hal tersebut dikarenakan banyak sekali hal yang "Sensitif" di dalamnya, yang mana jika hal sensitif tersebut jika dipergunakan orang tidak di kenal bisa berpotensi merugikan diri kita sendiri.

Nah, sebenarnya sesensitif apa sih smartphone kita, sampai sampai jika sebuah smartphone hilang atau dicuri bisa berbahaya? Menurut kami, ada beberapa hal yang membuat sebuah smartphone itu sangat sensitif. Berikut ini alasannya:

1. Terdapat aplikasi berkirim pesan seperti Whatsapp, Telegram, Line dll yang di dalamnya terdapat hal yang sangat penting.

2. Terdapat foto yang bersifat privasi. Dalam hal ini tidak melulu foto yang berbau "pemersatu bangsa" saja ya. Melainkan mungkin ada foto sewaktu kita berpose jelek saat tidur ataupun bukti pembayaran.

3. Terdapat aplikasi pembayaran online seperti Mobile Banking atau Dompet Digital. Dimana jika smartphone kita hilang pasti repot untuk mengurusnya.

4. Tidak Bisa Berkomunikasi. Faktor yang terakhir ini mungkin sepele, tetapi bisa berdampak besar ketika mungkin klien tidak bisa menghubungi kita, bos kita perlu rapat dengan kita secepatnya bahkan keluarga juga bisa panik karena tidak bisa berkomunikasi dengan kita dikarenakan smartphone kita hilang. 

Nah, untuk menghindari smartphone kita disalahgunakan baik ketika hilang atau sedang dipakai orang lain, maka ada baiknya sembunyikan aplikasi di hp Xiaomi anda jika memang dirasa perlu. Dengan demikian cukup anda atau orang yang sangat dekat dengan anda yang bisa mengaksesnya.

Sebagai contoh, saya menggunakan HP Xiaomi Redmi S2 untuk demonstrasinya. HP ini berbasis Android 9 Pie dengan memakai MIUI 12. Jika kalian menggunakan HP Xiaomi dengan tipe yang berbeda, secara garis besar sama.

Jadi, tanpa berlama lama lagi, inilah cara sembunyikan aplikasi di hp Xiaomi:

Cara Sembunyikan Aplikasi Di HP Xiaomi
Cara Sembunyikan Aplikasi Di HP Xiaomi



1. Carilah aplikasi yang bernama "Security" atau "Keamanan". Biasanya logo atau iconnya berwarna hijau dengan gambar perisai seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini. Jika sudah menemukannya, klik atau tap pada aplikasi tersebut.

Cara Sembunyikan Aplikasi Di HP Xiaomi
Cara Sembunyikan Aplikasi Di HP Xiaomi - 1

2. Jika anda sudah memasuki menu Security / Keamanan tadi, langsung saja Scroll, Swipe, Gulir Layar ke atas sehingga menu yang di bawah akan naik ke atas. Jika sudah, carilah menu yang dinamakan "APP LOCK" / "KUNCI APLIKASI".  

Jika sudah menemukannya, klik atau tap menu tersebut.  Untuk lebih jelasnya, silakan lihat pada gambar di bawah ini.

Cara Sembunyikan Aplikasi Di HP Xiaomi

Cara Sembunyikan Aplikasi Di HP Xiaomi - 2


 3. Jika anda sudah memasuki menu App Lock / Kunci Aplikasi, anda akan menemukan 2 Tab yaitu App Lock dan Hidden Apps. Pilih yang Hidden Apps. Simak gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya.

Cara Sembunyikan Aplikasi Di HP Xiaomi
Cara Sembunyikan Aplikasi Di HP Xiaomi - 3

 4. Jika anda sudah memasuki tab Hidden Apps, maka anda akan menjumpai seluruh aplikasi yang ada pada smartphone anda. Maka untuk sembunyikan aplikasi di hp xiaomi, anda cukup tap button ke kanan, begitu juga sebaliknya untuk menonaktifkannya. Lihat gambar di bawah ini.

Cara Sembunyikan Aplikasi Di HP Xiaomi
Cara Sembunyikan Aplikasi Di HP Xiaomi - 4

5. Setelah button yang anda tap tadi sudah aktif (berwarna biru terang), maka aplikasi yang ingin anda sembunyikan sudah tidak muncul di smartphone anda. Untuk mengaksesnya kembali anda bisa mengulangi langkah di atas. 

Cara kedua anda cukup melakukan gerakan pada layar seperti aktivitas zoom out. Atau mengusap layar secara bersamaan ke atas dan kebawah dengan 2 jari. Nanti secara otomatis aplikasi yang anda sembunyikan akan muncul kembali.

Cara Sembunyikan Aplikasi Di HP Xiaomi
Cara Sembunyikan Aplikasi Di HP Xiaomi - 5

Demikianlah cara sembunyikan aplikasi di hp xiaomi yang bisa kami bagikan. Kami harap anda bisa mempelajari cara yang sudah kami bagikan untuk melindungi smartphone anda dari tindakan negatif yang berada di luar pengawasan anda. Terima Kasih.
Xiaomi Intro Official
Xiaomi Intro Official Techno Holic

Posting Komentar untuk "Mudah, Ini Cara Sembunyikan Aplikasi Di HP Xiaomi"