Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Xiaomi Indonesia Bisa Jual Smartphone Murah, Ini Penyebabnya

Xiaomi Indonesia Bisa Jual Smartphone Murah, Ini Penyebabnya

Xiaomi Indonesia Bisa Jual Smartphone Murah, Ini Penyebabnya - Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse mengungkap diam-diam mereka dapat memasarkan HP dengan harga lebih hemat biaya dibandingkan dengan pesaingnya.

Xiaomi Indonesia Bisa Jual Smartphone Murah, Ini Penyebabnya
Xiaomi Indonesia Bisa Jual Smartphone Murah, Ini Penyebabnya



Harga ponsel yang lebih hemat biaya dibandingkan dengan pesaingnya ini menurut Alvin tetap diikuti dengan memamerkan mutu produk dan komponen yang terjaga. Sangat menyenangkan melihat Xiaomi murah 2021 bukan? Lalu apa sih rahasia dapur Xiaomi ini?

Menurutnya, hal ini dapat diraih alasannya yakni Xiaomi punya versi bisnis yang sungguh efisien. Mereka tidak jor-joran menghabiskan duit untuk berpromosi menyerupai para pesaingnya.

"Brand lain menghabiskan banyak duit untuk penawaran spesial melalui selebritis, billboard, memberdayakan 20 ribu promotor (untuk mengiklankan produknya)," ujar Alvin dalam jumpa pers sebelum peluncuran Redmi Note 10 series, Selasa (30/3/2021).

Xiaomi menegaskan untuk mengiklankan produknya melalui Mi Fans, peritel, dan juga media sosial.

"Kami mempercayakan terhadap peritel dengan visi yang serupa dengan kami, Mi Fans, dan juga pelanggan yang puas dengan produk kami untuk mengiklankan produk tersebut ke temannya," tambahnya.

Beberapa tahun lalu, CEO Xiaomi Lei Jun pun pernah membeberkan diam-diam Xiaomi dalam memasarkan ponsel dengan harga murah. Hal itu ia jelaskan di saat berkunjung ke Indonesia, pada September 2017.

Menurutnya, harga yang lebih ramah biaya biaya itu bisa diraih dengan menyunat sejumlah pos yang menjadi komponen penyusun harga ponsel. Komponen penyusun itu yakni materi baku, riset dan pengembangan, ongkos marketing, ongkos distribusi, dan margin keuntungan.

"Biasanya produsen memasarkan ponselnya dengan harga 2,5 kali lipat harga modalnya, sementara kami cuma memasarkan dengan 1,1 kali harga modal," ungkapnya di saat itu.

Menurutnya, dari lima pos itu, cuma dua pos yang mereka jadikan komponen penyusun harga ponselnya, yakni materi baku dan ongkos riset dan pengembangan. Sementara tiga komponen lain dapat dikatakan ongkosnya yakni nol.

Pertama, ongkos marketing. Awalnya Xiaomi memang tak mengeluarkan ongkos apa pun untuk hal ini, begitu pula dengan ongkos distribusi alasannya yakni mereka melakukan seluruhnya sendiri. Terakhir keuntungan, yang menurut Lei Jun juga dapat dikatakan tak ada.

"Xiaomi memasarkan produk dengan harga ramah biaya dengan memotong keuntungan, yakni sama sekali tak mengambil laba dari hardware. Lalu pada lima tahun pertama perusahaan kami tak membayar sama sekali untuk penjualan dan promosi," klaim pendiri sekaligus CEO Xiaomi tersebut.

Sebagai tambahan, kami akan memberikan beberapa referensi Xiaomi Murah 2021:

1. HP Xiaomi Murah Di Bawah 1 Juta

Di kategori ini, terdapat 2 versi Redmi Note series yang bisa kami rekomendasikan. Yaitu Xiaomi Redmi Note 2 dan Redmi Note 3. Tentunya kalian akan mendapatkan kedua HP ini dalam kondisi bekas ya.

2. Xiaomi 1 Jutaan 

Untuk kategori harga ini, kalian bisa berpikir untuk mendapatkan Xiaomi Redmi Note 4, Redmi Note 5, Redmi Note 6, Redmi Note 7 dan Redmi Note 8. Atau bisa juga yang versi terjangkau yaitu Redmi 7 atau Redmi 8.

Sumber detik.com
ADM
ADM Techno Holic

Posting Komentar untuk "Xiaomi Indonesia Bisa Jual Smartphone Murah, Ini Penyebabnya"