Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review MIUI 13: 5 Peningkatan Utama MIUI Terbaru Dari Xiaomi

Pada acara peluncuran seri Xiaomi 12, Xiaomi juga merilis antarmuka Android terbarunya, yaitu MIUI 13. Sistem ini datang setelah menunggu lama dengan update MIUI 12 yang kurang optimal. Mungkin kita dapat menyimpulkan bahwa MIUI 12 adalah antarmuka terburuk dari Xiaomi. 

Review MIUI 13

Review MIUI 13: 5 Peningkatan Utama MIUI Terbaru Dari Xiaomi


Mereka berjuang dengan bug dan malware dan pada titik tertentu beberapa pengguna menganggap ponsel cerdas mereka buruk. Namun, Xiaomi mampu mengatasi situasi dengan kedatangan MIUI 12.5 yang bisa dikatakan adalah edisi yang disempurnakan dari MIUI 12. 

Bahkan dengan edisi ini, masih ada masalah yang dialami penggunanya. Ambil Xiaomi 11 sebagai contoh, perangkat ini mudah panas, mengalami "Frame Loss" dan memiliki sistem rawan bug. 

MIUI 13 Preview


Namun, setelah diupdate ke MIUI 13, semua masalah ini hilang. Jadi, itu tidak pernah menjadi masalah perangkat keras tetapi masalah perangkat lunak. 

Sebelum hadirnya MIUI 13, MIUI 9 bisa dibilang sebagai antarmuka Android terbaik dari Xiaomi dalam beberapa tahun terakhir. Tanpa basa-basi lagi, mari kita lihat fitur-fitur baru yang dibawa MIUI 13.

1. MIUI 13 WIDGET

Pembaruan MIUI 13 yang paling jelas mungkin adalah rangkaian widget baru. Klik tanda “+” di sudut kanan atas layar, atau cubit dengan dua jari di desktop, untuk memanggil antarmuka widget. MIUI 13 menyediakan berbagai macam widget. 

Selain widget sistem biasa seperti jam, cuaca, dan kalender, ada juga banyak widget yang dipersonalisasi dan widget aplikasi pihak ketiga.

Perbedaan terbesar antara widget baru di MIUI 13 ini dan widget asli adalah widget tersebut telah diadaptasi secara khusus. Estetika tidak hanya lebih baik, kepraktisan mereka jauh lebih kuat. Ambil jam sebagai contoh. 

Pada MIUI 12.5, ia hanya memiliki sedikit widget jam sederhana. Widget ini sangat jelek sehingga banyak pengguna tidak menggunakannya. Namun, MIUI 13 hadir dengan lebih dari 30 widget dengan berbagai gaya untuk jam saja. Selalu ada satu yang akan menarik perhatian Anda.

Meskipun tidak banyak widget aplikasi pihak ketiga saat ini, aplikasi populer seperti Alipay, NetEase Cloud Music, Weibo, AutoNavi Maps, dll. memiliki widget. Dengan bantuan widget ini, pengguna sekarang dapat langsung masuk ke antarmuka sekunder aplikasi pihak ketiga ini dengan mengklik widget di desktop. Ini tidak diragukan lagi meningkatkan efisiensi operasi.

Yang paling menarik dari widget ini adalah "widget personalisasi". Baik itu tanda tangan yang dipersonalisasi, alat yang dipersonalisasi, atau stiker yang dipersonalisasi, semuanya sangat praktis. Kami masih dapat membuat desktop seluler terlihat lebih baik bahkan tanpa bantuan peluncur pihak ketiga.

2. WALLPAPER MIUI 13

Kali ini, MIUI 13 juga menambahkan 10 wallpaper kaca dan 9 wallpaper kristal ke wallpaper sistem. Wallpaper kristalisasi dinamis ini diambil dengan mikroskop cahaya terpolarisasi, merekam proses kristalisasi berbagai kristal seperti vitamin C dan asam sitrat. Meski tampilannya tidak sepenuhnya sempurna, namun cukup menarik untuk dilihat.

Wallpaper kaca tampak lebih menarik karena dapat menggemakan warna ponsel cerdas Anda.

4. PRIVASI MIUI 13

MIUI 13 hadir dengan perlindungan privasi yang sangat kuat. Sistem ini juga menghadirkan fitur-fitur baru yang bermanfaat, yaitu perlindungan verifikasi wajah, watermarking privasi dokumen, dan perlindungan penipuan tautan penuh.

Perlindungan verifikasi wajah dapat mencapai oklusi tingkat sistem dari gambar lain kecuali untuk wajah pengguna. Ini dilakukan dengan mengenali wajah secara cerdas selama panggilan video atau verifikasi wajah. Ini memungkinkan pengguna untuk hanya menampilkan wajah, bukan seluruh tubuh bagian atas. Efek oklusi sangat ok, hanya mengikuti wajah dan mengabaikan tubuh bagian atas.

Watermarking privasi sertifikat memungkinkan pengguna dengan cepat menambahkan watermark ke dokumen sensitif seperti kartu ID untuk membatasi penggunaan sertifikat. Fitur ini juga berfungsi dengan sempurna dan dengan cepat menambahkan watermark.

Adapun fitur privasi terakhir, perlindungan penipuan tautan penuh, kami tidak dapat memastikan keefektifannya. 

Namun, fitur ini memungkinkan sistem untuk berjalan melalui seluruh tautan dan menyediakan beberapa penjaga seperti "peringatan penipuan elektronik", "identifikasi resmi", "intersepsi pemasangan aplikasi penipuan", dan "perlindungan transfer". Hal ini membuat penipuan telekomunikasi praktis tidak mungkin dilakukan pada sistem ini.

5. KELANCARAN DAN STABILITAS MIUI 13

Secara teori, MIUI 13 telah meningkat sebesar 15% – 52% dibandingkan dengan MIUI 12.5 versi yang disempurnakan. Dibandingkan dengan versi MIUI 12.5 yang disempurnakan, kelancaran aplikasi sistem meningkat sebesar 20% – 26%. Ada juga sejumlah skenario penggunaan frekuensi tinggi di mana laju penurunan bingkai melebihi 90%. 

Sistem tidak hanya merasakan skenario inti seperti gerakan layar penuh tetapi juga memiringkan sumber daya komputasi ke sistem inti untuk aplikasi inti pihak ketiga. Ini secara signifikan meningkatkan kelancaran aplikasi ini.

Secara praktis, peningkatan kelancaran dan stabilitas adalah aspek yang paling mengejutkan dari sistem ini. Dari pengalaman pengguna, apakah Anda memasuki desktop dari layar kunci atau menggesek untuk memuat gambar, atau mengganggu pembukaan aplikasi di tengah jalan, umpan baliknya sangat cepat. 

MIUI 13 juga memecahkan masalah pemuatan gambar yang lambat dalam mode perangkat lunak terbuka ganda. Ini adalah salah satu peningkatan paling jelas yang dibawa MIUI 13. Namun, hanya pengguna yang mencoba menggunakan mode ini di kedua sistem yang akan menyadarinya.


KESIMPULAN

Sejujurnya, sistem MIUI 13 membuat smartphone Anda terasa baru terutama jika Anda menggunakan MIUI 12 di smartphone. Menurut Xiaomi, MIUI 13 memecahkan tidak kurang dari 400 masalah. Tentu saja, setelah memutakhirkan dari versi MIUI 12.5 asli yang disempurnakan ke MIUI 13, sistem baru dapat membuat pengguna sedikit tidak nyaman. Karena masih baru dan perlu dibiasakan.

Namun, penting untuk dicatat bahwa MIUI 13 memiliki lebih sedikit aplikasi yang mendukung mode gelap paksa daripada MIUI 12.5. Sistem baru ini hampir tidak memiliki bug karena beberapa bug tidak terlalu memengaruhi penggunaan sehari-hari pengguna. 

Meskipun fitur baru MIUI 13 kali ini terbatas, peningkatan stabilitas dan kelancarannya sangat besar. Setelah lebih dari setahun dikutuk, MIUI akhirnya bukan lagi kelemahan utama Xiaomi.

Source

ADM
ADM Techno Holic

Posting Komentar untuk "Review MIUI 13: 5 Peningkatan Utama MIUI Terbaru Dari Xiaomi"