Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengejutkan! Xiaomi Masuk "BLACKLIST" Amerika

Mengejutkan! Xiaomi Masuk "BLACKLIST" Amerika - Sejenak tidak terdengar seputar perkembangan smartphone Xiaomi, tiba tiba saja datang sebuah berita yang cukup mengejutjkan. Kabar itu tidak berhubungan mengenai rencana Xiaomi untuk segera merilis smartphone terbaru atau MIUI terbaru. Tetapi kabar mengejutkan justru berhubungan dengan pemerintah Amerika Serikat.

Mengejutkan! Xiaomi Masuk "BLACKLIST" Amerika
Xiaomi diblacklist Amerika Serikat (image source: pixabay.com)

Jika anda pernah mengikut perkembangan smartphone asal Tiongkok seperti Huawei, tentu ada cukup mengerti bagaimana perjalanan panjang Huawei sampai dengan di Blacklistnya perusahaan tersebut oleh pemerintah Amerika. Sehingga mereka dilarang untuk menggunakan Google Mobile Services.

Berdasarkan berita yang dapat kami himpun, Pemerintahan Trump di Amerika Serikat memasukkan sembilan perusahaan asal China lagi ke dalam daftar hitamnya hari ini (Kamis lalu). Dari sembilan perusahaan yang tercatat itu, salah satunya adalah produsen smartphone asal Tiongkok, yaitu Xiaomi.

Jika anda sempat berpikir bahwa berita ini akan menghancurkan bisnis Xiaomi seperti yang telah terjadi dengan Huawei, kemungkinan hal tersebut tidak akan terjadi. Kehadiran Xiaomi dalam daftar hitam ini hanya mencegah investor yang berbasis di AS berinvestasi di Xiaomi. Ini tidak akan mempengaruhi rantai pasokan spare part atau software Xiaomi.

Bagaimanapun juga, dengan adanya berita mengejutkan ini menyebabkan saham Xiaomi otomatis anjlok. Ini juga akan menyebabkan perusahaan kehilangan banyak modal likuid, karena investor Amerika perlu menjual saham mereka di Xiaomi pada 11 November 2021.

Mengenai kejelasan bagaimana nasib Xiaomi ke depannya? Mungkin hanyalah waktu yang bisa menjawabnya. Yang jelas dari keputusan pemerintahan Amerika Tersebut, mempunyai imbas ekonomi dan bisnis yang kurang baik.

Setelah melalui pemilihan presiden Amerika yang lalu, Trump masih menjabat sebagai Presiden Amerika sebelum tongkat estafetnya akan diterima oleh Joe Biden. Namun, ada kemungkinan dia bisa menggunakan hari-hari terakhirnya  untuk membuat perubahan kebijakan seperti berita ini contohnya.

Berbanding terbalik, hal ini juga sangat mungkin bahwa pemerintahan Biden bisa saja untuk  memutuskan membatalkan keputusan ini pada 20 Januari nanti. Namun, sampai saat itu, masih harus dilihat bagaimana Xiaomi dan perusahaan Tiongkok lainnya bereaksi terhadap daftar hitam mendadak ini.

Bagaimana tanggapan kalian mengenai berita ini? Apakah kalian merasa khawatir dengan masa depan Xiaomi yang berhubungan dengan smartphone yang kalian pakai? Tuliskan pendapat kalian di kolom komentar ya teman teman. Terima Kasih.

Sumber: gizmochina.com | androidauthority.com


Xiaomi Intro Official
Xiaomi Intro Official Techno Holic

Posting Komentar untuk "Mengejutkan! Xiaomi Masuk "BLACKLIST" Amerika"