Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nambah Wawasan Yuk, Apa Sih Arti Dari Blog?

Nambah Wawasan Yuk, Apa Sih Arti Dari Blog? - Memasuki tahun 2021 sepertinya masyarakat kini lebih "Dipaksa" untuk terbiasa dengan dunia digital. Wajar saja sih, hal tersebut dikarenakan sejak tahun 2020 dunia mulai disibukkan dengan berbagai penanganan seputar Pandemi Covid 19.

Yang berarti, berbagai kegiatan yang seharusnya dilakukan bertatap muka atau kelompok harus secara signifikan dikurangi. Sehingga sebagian besar aktivitas yang umum dilakukan seperti kegiatan belajar mengajar, rapat di kantor sampai konser musik harus dilakukan secara virtual.

Fenomena semacam inipun tentu berpengaruh besar dengan berbagai kegiatan yang harus dilakukan secara online yang sangat bergantung kepada internet. Sebagai contoh, kini untuk memulai olah raga, beribadah, mengikuti kursus hanya perlu membuka aplikasi di smartphone kita masing masing.

Dengan meningkatnya penggunakan internet selama Pandemi ini, kami juga merasa banyak bermunculan Influencer, Blogger, Selebgram dan beberapa sebutan lain untuk orang yang dirasa cukup berpengaruh dan menjadi acuan bagi sebagian penggemarnya.

Nah, sebelum kita melakukan pembahasan lebih jauh mengenai "Blog" dan "Blogger", ada baiknya kita perlu mengetahui apa "Arti Dari Blog" itu sendiri.

Nambah Wawasan Yuk, Apa Sih Arti Dari Blog?
Ilustrasi: Apa Arti Dari Blog?


Pengertian Atau Arti Dari Blog    

Jika kita berpedoman kepada Wikipedia, Arti Dari Blog adalah salah satu bentuk lain dari sebuah Web yang terlihat seperti tulisan atau sebuah postingan yang bisa kita temukan pada sebuah halaman web. Blog sendiri mempunyai asal kata dari Web Blog yang disingkat menjadi Blog.

Blog sendiri mempunyai tampilan yang sedikit unik sehingga mungkin jika anda yang tidak terlalu familiar dengan dunia website ataupun dunia online, anda bisa membedakannya dengan cepat. 

Keunikannya adalah Blog biasanya mempunyai tulisan atau postingan dengan urutan yang terbaru akan ditampilkan diatas atau terdepan. Kemudian untuk postingan yang lebih lama akan ditampilkan belakangan. 

Tetapi tidak semua Blog mempunyai susunan seperti itu, semuanya kembali kepada fungsi dan kebutuhan tentang apa yang Blog itu ingin sampaikan. Dari sini kami harap kalian semua sudah mengerti ya.

Topik Blog

Setelah kalian sudah membaca dan mengerti Arti dari Blog, Blog sendiri biasanya mempunyai topik bahasan yang mewakili penulis atau nama dari Blog tersebut. Begitu banyak sekali Blog di internet yang fokus membahas topik topik tertentu. 

Mulai dari membahas dunia teknologi, pertanian, hingga dunia hewan. Beragam topik bahasan Blog ini umumnya disebut dengan "Niche".  Jadi jika kalian mulai mendalami dunia Blog, jangan bingung dengan istilah Niche ya.

Struktur Blog

Seperti yang sudah disebutkan pada paragraf sebelumnya, sebenarnya Blog membuat struktur yang teratur. Itulah sebabnya mengapa Blog adalah bagian dari sebuah Web yang unik. Biasanya Blog terdiri dari beberapa bagian sebagai berikut:

1. Bagian Header

Bagian pertama yang menjadi struktur sebuah Blog adalah Header. Dari sini biasanya informasi sebuah Blog diketahui. Karena di Headernyalah Judul, Deskripsi dan Menu pada Blog ditempatkan.

2. Bagian NavBar

Bagian NavBar pada sebuah Blog biasanya menjadi panduan bagi pengunjung Blog tersebut. Karena melalui NavBar pengunjung mengetahui dimana mencari postingan, kategori, kontak, dsb. Sehingga tak heran NavBar bisa disebut bagian Navigasi.

3. Bagian Artikel atau Main Blog

Disinilah sebuah Blog diminati pengunjung atau tidak. Karena di bagian artikel atau Main Blog ini pengunjung bisa memutuskan menjadi pengunjung setia atau tidak dari Blog tersebut. 

Karena dari yang sudah disebutkan, Blog mempunyai topik sendiri sendiri. Sehingga pembacanyapun juga bisa terbagi menurut minatnya masing masing.

4. Bagian Side Bar

Bagi pengunjung Blog, Side Bar adalah bagian yang terkadang tidak terlalu diperhatikan. Tetapi, meskipun tidak terlalu diperhatikan, Side Bar ini cukup berguna dalam memandu pengunjung Blog untuk meng "Explore" lebih dalam mengenai Blog tersebut. 

Karena Side Bar merupakan tempat untuk menampilkan artikel mana yang memiliki pembaca paling banyak, Informasi kategori apa saja yang dibahasa Blog tersebut sampai dengan artikel yang dikelompokkan berdasarkan tahun "Publishnya".

5. Bagian Footer

Bagian terakhir dari struktur Blog ini merupakan informasi terakhir yang bisa didapatkan pengunjung Blog. Biasanya bagian ini memuat kontak dari penulis atau admin, tentang Blog dan link untuk berlangganan via email.

Sejarah Blog

Membaca Arti Dari Blog sudah, memahami struktur Blog sudah, tentu ada sebagian dari kalian mengenai sejarah dari Blog. Merujuk dari Wikipedia, yang memperkenalkan Blog untuk pertama kali adalah Blogger.com. 

Blogger.com ini dimiliki sebuah perusahaan yang bernama Pyra Labs. Dan seperti teman teman ketahui, akhirnya pada tahun 2003 akhir sang Mbah "Google" mengakuisi Blogger ini menjadi miliknya. 

Justin Hall - 1994

Jika kalian sudah membaca Arti Dari Blog pada paragra di atas, sebenernya apa yang dibuat oleh Justin Hall sudah mencukupi standar untuk dinamakan sebagai sebuah Blog. Justin membuat sebuah "Home Page" yang di dalamnya terdapat tulisan tulisan yang bersifat personal dan mewakili apa yang ada dalam pikirannya.

Justin Hall kemudian membuat tulisannya berpotensi dilihat lebih banyak orang dengan menerbitkan jurnal online yang ia buat pada tahun 2004. The New York Times Magazine memberinya penghargaan atas apa yangtelah dilakukannya dengan memberikan sebutan "Salah Satu Pendiri Personal Blogger".

John Barger - 1997

Masih berhubungan dengan Apa Arti Dari Blog berdasarkan Wikipedia, John Barger adalah orang yang pertama kali mengemukakan istilah Weblog (Web dan Log). Ia mempopulerkan aktivitasnya di Internet dengan nama "Logging to the web". Jika kita artikan adalah mencatat segala sesuatu di web.

Berkat John Barger pulalah bentuk postingan terbaru yang berada di atas dan postingan lama berada di bawah atau di belakang menjadi bentuk atau struktur yang rata rata kita temua. John menyebutnya adalah konsep kronologi.

Istilah Blog Lahir - 1999

Jika kita mengucapkan weblog, tentu akan terasa kurang pas atau kurang efisien ya. Dan kita condong lebih mantap mengucapkan Blog. Berkat Peter Merholz, istilah Blog menjadi sangat populer. Blog sudah mewakili Weblog karena memang merupakan kependekan dari Weblog itu sendiri. 

Beberapa Platform Blog - 1999

Seiring dengan melejitnya popularitas Blog, rupanya dari sana terlahir juga beberapa platform untuk Blog. Yaitu Blogger, LiveJournal dan Xanga. Dari ketiga platform tersebut, mungkin Blogger dan LiveJournal yang paling akrab di telinga kita ya.

Eksistensi Blogger dan Wordpress - 2003

Blogger sepertinya memang menjadi platform paling populer pada tahun 1999. Tetapi Blogger menjadi lebih fenomenal saat Google berhasil mengakusisinya. Tetapi pada saat yang sama, Blogger mendapatkan saingan yang cukup kuat dari Wordpress

Mengapa saingan yang kuat? Karena Wordpress adalah salah satu platform untuk Blog yang sama sama gratis dan sama sama mudah digunakan.

Beberapa pengertian Blogger

Setelah memahami Arti Dari Blog, sekarang anda mungkin ada yang ingin memperdalam ilmu seputar dunia Blog. Kami rasa tidak ada salahnya jika anda mengetahui pengertian Blogger.

1. Blogger sebagai Platform
Untuk pengertian yang satu ini, kami rasa anda sudah paham semuanya. Blogger adalah sebuah platform yang disediakan bagi anda yang ingin menjadi mendalami dunia Blog. Selain Blogger juga ada platform lain yang bernama Wordpress juga dan beberapa platform lain yang nanti akan kita bahas di artikel terpisah.

2. Blogger sebagai Person atau Orang
Blogger juga bisa diartikan sebagai orang yang melakukan aktivitas Blogging. Jadi siapapun anda dan saya yang menulis dan melakukan aktivitas Blogging bisa disebut sebagai Blogger.

3. Blogger sebagai Sosial Media   
Nah, dikarenakan Blog merupakan salah satu bagian dari Sosial Media, maka tak jarang orang yang menggunakan Sosial Media, dimana orang tersebut berbagi foto, video atau berbagi konten, maka tak jarang Sosial Media ini disebut Blogger. Contohnya adalah akun bisnis dari Instagram terdapat pilihan pengguna dengan nama "Blogger".

Setelah kalian membaca artikel ini dari awal sampai akhir apakah kalian sudah mengerti Arti Dari Blog? Kami harap kalian sudah paham ya? Sehingga jika dari kalian ada yang hobi menulis dan tertarik menjadi Blogger, kalian bisa mencoba salah satu dari 2 platform Blog. Yaitu Blogger atau Wordpress. 

Sampai jumpa di artikel selanjutnya ya teman teman. Terima Kasih sudah mampir dan membaca artikel ini.
ADM
ADM Techno Holic

Posting Komentar untuk "Nambah Wawasan Yuk, Apa Sih Arti Dari Blog?"