Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Arti Preset Lightroom

Mengenal Arti Preset Lightroom - Belakangan ini beberapa brand smartphone mengeluarkan ponsel yang bisa diandalkan untuk urusan kamera. Mungkin anda bisa mulai melirik Xiaomi Mi Note 10 series yang sudah mempunyai prestasi di DXOMARK, Apple series, Samsung S series, Huawei P dan Mate series, Oppo, Vivo dan beberapa merek smartphone lainnya.

Dengan banyaknya pilihan tersebut, tentunya ini adalah sebuah pertanda positif dimana ponsel jaman sekarang sudah bisa diandalkan untuk membuat konten foto bahkan video. Untuk itulah terkadang kita tidak perlu repot repot untuk mengeditnya kembali agar terlihat menarik di Sosial Media. Karena hasil foto yang dihasilkan sudah mempunyai komposisi warna yang cukup baik. 

Oke, mungkin untuk beberapa orang yang tidak mau ribet untuk urusan edit mengedit tentu saja solusinya sudah disebut pada paragraf di atas. Tetapi bagi seseorang yang mempunyai jiwa seni yang tinggi, tentu saja ia ingin hasil hasil fotonya mempunyai terlihat artistik. 

Nah, jika anda adalah seseorang yang mempunyai jiwa seni yang tinggi, maka solusinya adalah melakukan pengeditan hasil foto yang sudah anda ambil. Saat ini sudah banyak aplikasi dan software yang digunakan untuk mengedit foto. Aplikasi dan Software tersebut bervariasi, ada yang berbayar dan ada juga yang gratis.

Beberapa aplikasi atau software untuk mengedit foto cukup banyak yang bisa kita temui, mulai dari VSCO, Snapseed, Photoscape hingga Lightroom. Dari 4 aplikasi yang sudah disebutkan, kami ingin membahas mengenai Lightroom.

Apakah Arti Preset Lightroom itu? 

Mengenal Arti Preset Lightroom
Mengenal Arti Preset Lightroom


Arti Preset Lightroom secara garis besar adalah formula, perhitungan, setingan yang kita tentukan untuk mendapatkan hasil editing yang baik sesuai dengan selera kita atau yang kita sukai untuk kemudian kita simpan dan namai dengan format tertentu.

Jika kalian merasa penjelasan di atas agak susah dimengerti, arti preset Lightroom bisa disederhanakan menjadi hasil penyimpanan formula, perhitungan, setingan yang sudah kita buat pada saat proses editing gambar atau foto.

Dalam perjalanannya, biasanya di dalam preset tersebut terdapat formula tentang seberapa banyak atau tinggi Brightness, Contrast, Saturation, dsb yang akan ditentukan untuk mendapatkan sebuah hasil editing yang sesuai dengan keinginan.

Nah, dengan adanya preset Lightroom ini, maka ketika kita akan melakukan editing gambar lagi, kita tidak perlu melakukan pengaturan dari awal lagi. Karena preset yang sudah tersimpan tadi bisa kita gunakan kembali dan hasilnya akan sama seperti apa yang kita pernah buat sebelumnya.

Berbagai Tipe Preset Lightroom Yang Ada

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, Lightroom adalah salah satu aplikasi yang dimiliki oleh Adobe. Oleh karena itu Lightroom tersedia untuk beberapa platform. Mulai dari platform aplikasi untuk versi Windows, Macintosh dan versi Mobilenyapun ada.

1. Tipe Preset Lightroom dengan format .Irtemplate

Tipe Preset Lightroom dengan format .Irtemplate ini adalah tipe preset yang sudah populer di kalangan pengguna Adobe Lightroom. Hal tersebut dikarenakan tipe preset dengan format ini merupakan preset yang digunakan untuk platform PC dengan Sistem Operasi Windows dan Macintosh.
Dikarena tipe preset ini sudah terlebih dulu ada, maka tidak heran jika preset dengan tipe ini akan tersedia di berbagai media internet. Jadi. jika anda adalah pengguna Lightroom versi PC dengan Sistem Operasi Windows / macOC, anda tidak akan kesulitan preset dengan format ini.

2. Tipe Preset Lightroom dengan format .dng

Tipe preset yang kedua mempunyai format .dng. Tipe preset ini bisa dibilang tipe preset asli bawaan dari Lightroom sendiri. Preset ini adalah "Lossless raw image format Non-Free" yang dibuat oleh Adobe guna keperluan fotografi digital.

Kelebihan dari tipe preset ini adalah editing tidak hanya melulu di bagian warna dan pencahayaan saja. Tetapi editing gambarpun bisa dilakukan secara langsung melalui preset ini. 

Jadi jika anda membutuhkan foto yang sudah diedit dengan preset yang sudah anda tentukan untuk dibuka dimana saja, maka anda tinggal melanjutkan saja tanpa memulai dari awal kembali.

3. Tipe Preset Lightroom dengan format .xmp

Tipe preset yang terakhir ini sepertinya adalah preset yang sering kita gunakan pada platform mobile. Kepanjangan dari preset .xmp ini adalah "Extensible Metadata Platform". Extensible Metadata Platform sendiri ada;ah sebuah standar ISO, buatan Adobe Systems Inc, untuk pembuatan, pemrosesan, dan pertukaran metadata terstandarisasi yang diperuntukkan kumpulan data dan dokumen digital.

Apakah Preset Dapat Menghasilkan Hasil Gambar Yang Pasti Sama? 

Sayangnya tidak. Mengapa demikian? Karena gambar yang kita miliki pasti memiliki karakter yang berbeda beda. Bisa gambarnya yang cenderung gelap atau terang dan yang jelas tidak selalu konsisten. Tetapi dengan menggunakan preset, setidaknya kita terbantu dengan mendapatkan tone warna yang sama.

Sehingga gambar yang akan kita terapkan presetnya akan terlihat lebih rapi karena mempunyai tone / warna yang senada. Selebihnya tergantung dari kondisi bawaan gambar tersebut.

Demikianlah pengenalan kita mengenai apa arti preset lightroom dan pembagian tipe preset dalam lightroom. Dengan penjelasan yang sudah kami bagikan, kami harap mampu menjawab pertanyaan kalian yang ingin menambah wawasan dalam hal editing dengan aplikasi adobe lightroom. Terima Kasih

sumber: lightroomindonesia.com/apa-itu-preset-lightroom-dan-jenis-preset-lightroom
ADM
ADM Techno Holic

Posting Komentar untuk "Mengenal Arti Preset Lightroom"