Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggunakan Aplikasi Menjernihkan Video

Semakin berkembangnya teknologi smartphone, terdapat berbagai aplikasi menjernihkan video yang tersedia di 2 Sistem Operasi besar, yaitu Android dan iOS. Kedua Sistem Operasi ini sama - sama menyediakan berbagai aplikasi yang dapat meningkatkan produktivitas pengguna smartphone terutama dalam hal video editing.  

Jika anda tidak sedang berada di rumah atau tidak berada di tempat yang memungkinkan untuk membuka laptop, melakukan editing video video melalui smartphone adalah solusinya. Editing video pada smartphone merupakan hal yang cukup lumrah dilakukan di tahun 2021 ini. Anda bisa mengunduh aplikasinya di ponsel kesayangan anda.

Cara Menggunakan Aplikasi Menjernihkan Video
Cara Menggunakan Aplikasi Menjernihkan Video


Cara Menggunakan Aplikasi Menjernihkan Video

Sebelum kita membahas lebih bagaimana cara menggunakan aplikais menjernihkan video, ada baiknya anda memilih dulu aplikasi apa yang akan anda gunakan untuk mengedit video di hp. Jadi anda bisa mempelajari tool - tool yang disediakan aplikasi tersebut sehingga hasilnya akan maksimal.

3 Aplikasi Menjernihkan Video Yang Kami Direkomendasikan 

  1. Kinemaster, merupakan aplikasi yang cukup digemari oleh sebagian besar editor video karena toolnya yang lengkap dan peletakan menu yang mudah ditemukan. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang paling populer digunakan para editor video atau konten kreator yang menggunakan Hp.

       
  2. PowerDirector, kelebihan dari aplikasi ini peletakan menu yang sangat sederhana dan lebih sedikit. Dibandingkan dengan Kinemaster, PowerDirector ini sangat direkomendasikan bagi anda yang baru belajar mengedit video.
      
  3. Filmora, seperti namanya, aplikasi ini mempunyai banyak efek - efek keren yang membuat video kalian menjadi lebih sinematik. 

5 Aplikasi Android Yang Bisa DigunakanUntuk Memperjelas Video Di HP Kita

Perhatikan Tool Dasar

Setelah kita memutuskan aplikasi mnjernihkan video apa yang akan kita pakai, tentunya anda harus mencari dan mempelajari tool dasar menambahkan video, menghapus video, memotong video hingga export video. Semakin anda melakukan banyak uji coba, maka akan semakin mahir dan bagus pula hasilnya. 

Perhatikan Komposisi Brightness, Contrast dan Saturation

Sebelum kita menggunakan aplikasi menjernihkan video, tentu kita akan menerima file mentah atau file asli yang baru saja diambil dari kamera smartphone atau media yang lain. Sebelum mulai melakukan editing, perhatikan komposisi Brightness, Contrast dan Saturationnya.

Jika Brightness terlalu banyak, maka video akan terlihat sangat putih, begitu juga sebaliknya. Jika Contrast terlalu tinggi maka warna gelap akan dominan dominan muncul. Kemudian jika Saturasi terlalu tinggi, maka warna objek akan terlihat terlalu berlebihan.

Jadi ketiga unsur, Brightness, Contrast dan Saturation adalah kunci utama anda dalam menggunakan aplikasi menjernihkan video. Atau jika anda merasa kesulitan, anda bisa coba menggunakan fitur yang sudah disediakan. Dengan demikian anda tinggal memilih filter mana yang paling jenih hasilnya.

Resolusi Video Saat Export

Hal ketiga yang cukup penting di aplikasi menjernihkan video yang anda pakai adalah proses exporting. Jika anda ingin hasil terbaik, tentu gunakan resolusi tertinggi, yaitu 4K. Tetapi minimal kami sarankan anda exporting ke resolusi 1080p saja. Di resolusi ini, hasilnya sudah cukup tajam dan HD.

Hal kedua adalah FPS (Frame Per Second), agar hasil video tidak terkesan patah - patah, sama seperti resolusi, anda bisa gunakan FPS yang tertinggi. Sehingga hasil video yang anda edit akan menghasilkan pergerakan dan perpindahan objek secara lebih mulus.

Kualitas Audio

Bagian lain dari proses menggunakan aplikasi menjernihkan video adalah kualitas audio. Di bagian ini mungkin tidak terlalu banyak utak atiknya. Tetapi alangkah baiknya jika sebelum melakukan exporting video, lebih baik anda cek dahulu volume yang dihasilkan. Kalau terlalu kecil bisa disesuaikan dengan menaikan volume suara atau menurunkannya jika dirasa terlalu keras sehingga mengganggu.

Kesimpulan

4 Hal yang harus anda senantiasa ingat dalam menggunakan aplikasi menjernihkan video ini adalah Tool Dasar, 3 Komposisi, Resolusi dan Kualitas Audio. Jika minimalkan anda memperhatikan 4 aspek diatas, maka kami yakin video yang sebelum kurang jelas bisa anda perbaiki dengan hasil yang lebih baik pastinya.

Demikianlah informasi Cara Menggunakan Aplikasi Menjernihkan Video yang bisa kami bagikan kepada anda. Meskipun tips yang kami berikan tergolong "Basic", tetapi jika anda sudah menguasai ini maka anda dapat mengembangkan sesuai fantasi kalian sendiri. Terima Kasih.



ADM
ADM Techno Holic

Posting Komentar untuk "Cara Menggunakan Aplikasi Menjernihkan Video"

close